Obat Batuk Tradisional Dan Alami

Bagi semua orang batuk sangat menyiksa waktu tidur maupun waktu istirahat. Ada dua macam batuk yang di kenali yakni batuk berdahak dan batuk kering. Batuk berdahak adalah batuk yang mengandung lendir atau yang sering di sebut dengan cairan kuning di tenggorokan sedangkan batuk tidak berdahak adalah batuk yang tidak mengandung lendir. 


Obat Batuk

Batuk sendiri mempunyai dua jenis yaitu batuk akut dan batuk kronis. Penyakit ini di sebabkan oleh beberapa penyebab seperti infeksi di saluran pernapasan bagian atas yang merupakan gejala flu, infeksi saluran pernapasan bagian atas, alergi, asma atau tuberculosis, benda asing yang masuk kedalam saluran napas, tersedak akibat minum susu, menghirup asap rokok dari orang sekitar, Batuk Psikogenik. Batuk ini banyak diakibatkan karena masalah emosi dan psikologis. Tapi ternyata batuk itu juga mempunyai fungsi yang baik dalam tubuh manusia yaitu membersihkan tenggorokan dan saluran pernafasan dari benda-benda asing seperti bakteri, virus, dan debu.

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernapasan, hbakan telinga). Kemudian reseptor akan mengalirkan lewat syaraf ke pusat batuk yang berada di otak. Di sini akan memberi sinyal kepada otot-otot tubuh untuk mengeluarkan benda asing tadi, hingga terjadilah batuk.
Adapun cara-cara untuk mengobati batuk sebagai berikut
Cara Pertama:
Bahan :
1. Jeruk Nipis
2. Kecap

Campurkan 1 buah jeruk nipis yang sudah di peras dicampurkan dengan kecap dalam 1 sendok makan. minum secara teratur 2 - 3 kali sehari hingga batuk sembuh.
Cara Kedua:
Bahan:
1. 7 lembar daun sirih
2. 30 gram kencur, iris-iris
3. Gula batu secukupnya

Rebus dengan 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc, lalu saring, Tambahkan gula batu. Minum ramuan ini 2 kali sehari sampai batuk sembuh.
Namun jika batuk masih tetap berlanjut, jauh lebih baik segera ke dokter. Untuk mencegah terjadinya hal yang lebih parah lagi.

Sebenarnya batuk itu bukan suatu penyakit yang perlu di takutkan namun terkadang batuk di definisikan sebagai gejala dari penyakit TBC. TBC sendiri adalah penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang di sebabkan oleh bakteri, Penyakit ini sangat menular. Biasanya orang yang terserang TBC akan mengalami batuk yang di sertai darah selama tiga pekan, penyakit ini sering menjadi pusat perhatian dunia karena belum ada satu negara pun yang bebas dari penyakit berbahaya ini. Banyak orang meninggal dunia karena terserang penyakit ini karena mengganggap remeh gejala-gejala yang menyerang mereka. 

Adapun beberapa gejala dari TBC selain batuk yang tak kunjung sembuh yaitu demam yang tidak terlalu tinggi, penurunan nafsu makan dan penurunan berat badan, perasaan tidak enak, lemah, dahak yang yang bercampur dengan darah, sesak nafas, rasa nyeri pada dada. Infeksi TBC yang paling sering adalah pada paru-paru.

Jika anda mengalami salah satu dari gejala yang ada jangan anada remehkan segeralah konsultasi kepada dokter agar mendapat penanganan yang lebih lanjut dan meminum obat sesuai dengan ketentuan yang di berikan agar tidak menimbulkan efek yang tigak anda inginkan.

Inilah Obat Batuk tradisional dan alami. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya. Baca juga artikel tentang Obat Asam Urat.