Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Anda

Saya akan membahas Buah Markisa yang banyak mengandung manfaatnya terutama bagi kesehatan tubuh kita. Di indonesia terdapat dua jenis buah markisa yaitu markisa yang tumbuh di dataran rendah yang berwarna kuning dan markisa yang tumbuh di dataran tinggi yang berwarna ungu. Ada juga yang disebut markisa manis yang tumbuh di daerah sumatera barat.



Buah Markisa

Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Anda di antaranya:

Tanaman markisa masuk dalam genus Passiflora yang berasal dari amerika selatan ada yang mengatakan dari Brasil ada juga yang mengatakan berasal dari Paraguay.
Tanaman markisa membutuhkan tanah yang subur dan kelembaban yang cukup untuk dapat tumbuh dengan baik. Ada lebih dari lima ratus jenis markisa tetapi yang umum dibudidayakan adalah jenis markisa ungu dan markisa kuning.
Markisa memiliki bentuk oval dengan diametee sekitar 4-8 cm, kulitnya agak keras seperti kulit manggis denga berat sekitar 35-50 gram.
Markisa kuning umumnya lebih besar daripada yang varietas ungu tetapi markisa ungu tidak begitu asam,memiliki rasa dan aroma yang lebih kaya dan memiliki daging yang lebih banyak.
Buah markisa enak dimakan dalam keadaan segar tetapi kebanyakan daging buahnya diawetkan melalui proses pendinginan maupun pemanasan. Karena rasa buahnya yang cukup asam biasanya ekstrak markisa ditambah berbagai macam bahan seperti gula atau campuran lainnya. Produk olahan markisa antara lain serbat, sari buah markisa, squash, jeli, es krim, nentar, konsentrat dan selai.
Manfaat markisa untuk kesehatan cukup beragam, tidak hanya buahnya yang dimanfaatkan tetapi daunnya juga memiliki manfaat.

Manfaat buah markisa
Meskipun pengobatan tradisional dari makanan memiliki kelemahan dalam penentuan dosis yang efektif tetapi tidak ada salahnya mencobanya. Buah markisa memiliki rasa yang nikmat dan dapat diolah menjadi berbagai makanan, jadi kita dapat menikmati rasanya sekaligus mendapatan manfaat kesehatan yang ada didalamnya.
Markisa tercatat mampu meredakan nyeri , mengatasi sakit kepala, tenggorokan kering, baik bagi yang menderita kelelahan kronis, anti kejang, membantu penyembuhan kolitis, insomniam sembelit, diare, anemia, melancarkan asi, meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi tubuh dari penyakit-penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas dan memulihkan kondisi tubuh pada masa penyembuhan.
Buah markisa merupakan sumber vitamin C dan A. Markisa segar juga mengandung banyak postassium, potassium merupakan komponen sel dan cairan tubuh yang penting dalam regulasi tekanan darah dan denyut jantung.

Inilah Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Anda. Semoga Bermanfaat Bagi anda semuanya. Baca juga artikel kesehatan lainnya tentang Manfaat Buah Kurma.