Cara Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Gigi Gemeretuk

Gigi gemeretuk atau disebut juga Bruxism adalah suatu keadaan beradunya gigi geligi disaat tidur sehingga menimbulkan bunyi yang cukup menggangu. Biasanya gigi bagian belakang saling beradu dengan kuat dan brulang-ulang. Gigi gemeretuk ini terjadi karena refleks mengunyah teraktivasi. Ini terjadi disaat tidur, dimana aktivitas mengunyah yang tidak terkontrol. Keadaan ini bisa ditemukan pada siapa saja, termasuk anak-anak.

Penyakit gigi gemeretuk

Penyebab dari gigi gemeretuk atau Bruxism sampai saat ini belum diketahui secara pasti. Pada anak-anak gigi gemeretuk banyak terjadi karena adanya pertumbuhan dan perkembangan gigi dan rahang. Namun faktor psikologi juga bisa jadi pencetusnya. biasanya keadaan ini akan menghilang bersamaan dengan mulai hilangnya gigi susu dan digantikan dengan gigi tetap.
Gejalanya:
  • Nyeri pada bagian rahangnya.
  • Timbul sakit kepala.
  • Sakit pada telinga.
  • Rusaknya lapisan permukan gigi akibat gesekan yang terlalu kuat dan sering.
Cara mengatasinya:
  • Biasanya anak akan mengeluh rasa sakit pada giginya. Atasi dengan memberikan pereda rasa sakit. Namun tidak boleh dibiarkan, segera konsultasikan dengan dokter gigi anak.
  • Berikan pijatan ringan pada otot-otot wajah anak-anak, leher dan bahu. Berikan kompres pada rahang dengan air dingin atau hangat, kemudian hindari agar anak tidak mengonsumsi makanan-makanan yang keras.
Inilah Cara Mengatasi Dan Mencegah Penyakit Gigi.  semoga bermanfaat bagi anda semuanya. Baca juga artikel kesehatan tentang Penyakit Lupus.