Manfaat Dan Khasiat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh – Anda pasti mengenal buah yang satu ini, yaitu buah nanas. Ya, buah yang tumbuh di daerah tropis ini awalnya berasal dari daerah Paraguay, Brazil dan Bolivia. Buah nanas berbentuk seperti pohon pinus, tak heran jika buah nanas dalam bahasa inggrisnya disebut pineapple. Sedangkan istilah nama nanas sendiri adalah awalnya berasal dari orang Tupi yang artinya buah yang sangat baik karena manfaat buah nanas baik bagi kesehatan tubuh kita.


Buah Nanas


Buah nanas sendiri untuk daerah Indonesia sangat dibudidayakan terutama di daerah Lampung. Dan juga penting untuk anda ketahui bahwa sebenarnya buah nanas bukanlah buah sejati, akan tetapi adalah buah yang merupakan gabungan dari buah-buahan sejati. Coba anda perhatikan sisik yang terdapat pada buah nanas, nantinya sisik tersebut akhirnya akan menyatu pada tongkolnya sehingga menjadi buah yang besar.

Kandungan Dari Buah Nanas

Buah nanas sendiri memiliki kandungan gizi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Seperti misalnya buah nanas memilki kandungan vitamin A dan C yang vitamin ini berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh kita. Dan juga buah nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi untuk melunakkan makanan dalam lambung serta mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh kita. Selain itu buah nanas juga mengandung serat yang bermanfaat untuk para penderita sembelit untuk melancarkan pencernaannya. Masih banyak kandungan yang terdapat pada buah nanas seperti kalium, natrium, zat besi, kalsium, fosfor, dektrosa dan juga sukrosa.

Beragam Manfaat Buah Nanas

Kandungan-kandungan yang dimilki buah nanas tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat buah nanas juga tidak hanya untuk kesehatan saja, akan tetapi juga perawatan kecantikan. Dibawah kami uraikan beberapa manfaat buah nanas yang matang:

Buah nanas baik untuk dikonsumsi pada saat cuaca sedang panas karena buah nanas sendiri bersifat dingin ketika dikonsumsi.
Manfaat buah nanas juga sebagai anti-radang, yang mana telah dibahas di atas bahwa anti-radang disini mampu menghambat berkembangnya sel kanker dalam tubuh.
Mampu memperlambat terjadinya penggumpalan darah trombosit.
Buah nanas juga bermanfaat untuk pencernaan makanan dalam lambung manjadi lancar.
Mampu mengurangi asam lambung dalam tubuh.
Buah nanas juga berperan sebagai diuretic (peluruh kencing).
Manfaat buah nanas juga mampu menghilangkan jaringan sel kulit mati.

Selain dikonsumsi secara langsung, manfaat buah nanas juga bisa diperoleh pada olahan buah nanas yang berfungsi untuk mengatasi penyakit dan keluhan. Berikut beberapa tips dalam mengolah buah nanas sehingga anda mendapatkan manfaat dari buah nanas:

Mengatasi Gatal, Bisul dan Luka Bakar

Siapkan daun nanas yang sudah dicuci bersih, kemudian haluskan daun nanas tersebut. Setelah oleskan/balurkan daun nanas yang telah ditumbuk pada bagian kulit/tubuh yang sakit.

Menurunkan Berat Badan

Untuk hal ini anda bisa mengonsumsi buah nanas yang dijus (air perasan buah nanas). Selain menurunkan berat badan, jus nanas juga bermanfaat untuk mengatasi radang tenggorokan, beri-beri, cacingan dan gangguan pencernaan.

Mengatasi Peradangan Kulit

Siapkan setengah buah nanas yang sudah matang. Kemudian parut buah nanas yang telah disiapkan. Setelah itu parutan nanas digosokkan pada bagian kulit yang mengelupas.

Mengatasi Ketombe

Untuk hal ini bisa menyiapkan seperempat buah nanas yang sudah matang. Kemudian parut buah nanas yang telah disediakan dan peras serta disaring airnya. Campurkan sedikit 1 buah jeruk nipis yang telah diperas lalu aduk rata. Setelah itu gosokkan ke bagian kepala anda sebelum tidur pada malam hari. Ketika bangun tidur anda bisa berkeramas dan lakukan hal paling tidak 2-3 kali seminggu.

Mengatasi Sembelit

Siapkan 3 buah nanas yang sedikit masam. Kemudian ambil perasan air buah nanas tersebut. Setelah itu air perasan dikonsumsi.

Inilah Manfaat Dan Khasiat Buah Nanas Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya. Baca juga artikel tentang Manfaat Buah Alpukat.