Beberapa Kandungan Zat Buah Sawo Dan Manfaatnya

Apa saja manfaat buah sawo yang terkandung di dalamnya yang bermanfaat buat kesehatan tubuh kita. Buah sawo (Acrhras zapota. L) merupakan tanaman tropis yang berasal dari Mexico, Hindia Barat, Guatemala (Amerika Tengah). Dalam buah sawo terkandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan. Buah sawo bermanfaat sebagai obat disentri, sebagai sumber serat, menjaga kesehatan mata, membantu pertumbuhan, menjaga kesehatan kulit, sangat baik bagi tulang, membantu mencegah terkena anemia.



Di telinga kita mungkin tidak asing lagi jika mendengar buah sawo. Buah ini banyak disukai karena rasanya yang manis serta ciri dari buah sawo itu sendiri. Buah sawo banyak di jumpai di pasar atau di pinggir jalan. Namun banyak yang tidak tahu lebih detail tentang buah sawo dan manfaatnya.
Buah sawo atau nama ilmiahnya Acrhras zapota. L merupakan tanaman tropis yang berasal dari Mexico, Hindia Barat, Guatemala (Amerika Tengah). Buah sawo bermanfaat bagi kesehtan karena mengandung berbagai zat yang baik bagi kesehatan.

Kandungan zat dalam buah sawo antara lain :

  1. Protein
  2. Kalsium
  3. Fosfor
  4. Vitamin A
  5. Vitamin B
  6. Vitamin C
  7. Protein
  8. Folat
  9. Air
  10. Magnesium
  11. Karbohidrat
  12. Serat
  13. Sodium
  14. Selenium
  15. Tembaga
  16. Kalium
  17. Riboflavin
  18. Besi
  19. Niacin
  20. Lipid
  21. Zinc

Berikut Manfaat Buah Sawo Bagi Kesehatan :

Obat Disentri
Siapkan sawo yang masih muda sebanyak 2 buah dan cuci bersih. Kemudian buah sawo tersebut dihaluskan dan tambahkan garam secukupnya. Minumlah ramuan tersebut pagi dan sore hari.

Sebagai Sumber Serat
Serat yang terkandung dalam buah sawo sangat tinggi jumlahnya. Dengan jumlah yang sangat tinggi tersebut buah sawo baik untuk mengatasi sambelit dan diare.

Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A yang cukup tinggi dalam buah sawo mampu menjaga kesehatan mata kita dari berbagai penyakit mata. Konsumsilah buah sawo secara teratur selain enak rasanya buah sawo juga bermanfaat.

Membantu Pertumbuhan
Protein yang ada dalam buah sawo sangat baik untuk pertumbuhan anak anak. Kita tahu bahwa protein sangat baik bagi pertumbuhan

Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin E berkhasiat untuk kesehatan kulit. Dalam buah sawo terkandung vitamin E yang cukup tinggi. Jadi semakin banyak kita mengonsumsi buah sawo maka kesehatan kulit kita bisa terjaga.

Sangat Baik Bagi Tulang
Kandungan fosfor dan kalsium dalam buah sawo bisa menyehatkan tulang. Karena fosfor dan kalsium merupakan zat yang diperlukan oleh tulang

Mencegah Dari Gejala Anemia
Dengan mengonsumsi sawo membantu memproduksi sel darah yang baru. Karena dalam buah sawo terkandung zat folat, besi, fosfor yang memang bisa membantu dalam proses pembentukan sel darah.

Inilah Beberapa Kandungan Zat Buah Sawo Dan Manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya. Baca juga artikel kesehatan lainnya tentang Manfaat Buah Pinang.