Gejala Dan Mencegah Penyakit Sinusitis

Sekarang kita bahas apa penyakit sinusitis. Pengertiannya, pencegahannya, cara mengobatinya. pengertian dari Penyakit Sinusitis adalah peradangan pada lapisan rongga sinus ada di dalam tengkorak. Rongga sinus yang biasanya berisi, menjadi penuh dengan lendir karena kurangnya drainase atau saluran yang tepat melalui rongga hidung. Peradangan ini dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Alergi juga bisa menyebabkan penyakit ini.
Sebuah pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Hal ini memang benar adanya, karena bagaimana pun juga proses pencegahan lebih mudah dibandingkan dengan proses pengobatan terutama dari segi finansial. Untuk itu, sebelum anda benar-benar menderita suatu penyakit, sebaiknya terlebh dahulu anda lakukan upaya pencegahan.


Penyakit Sinusitis


Gejala Penyakit Sinusitis :

  1. Sakit Kepala yang dirasakan ketika penderita bangun pagi hari.
  2. Demam dan menggigil pada tubuh menunjukan bahwa infeksi telah menyebar keluar sinus.
  3. Sering merasakan letih dan lesu.
  4. Batuk yang mungkin semakin memburuk pada malam hari.
  5. Hidung Meler atau tersumbat.
  6. Selaput lendir hidung tampak merah dan memebengkak, dari hidung mungkin keluar nanah berwarna kuning atau hijau.
  7. Aroma pernafasan jadi membau.
  8. Adanya rasa nyeri atau tekanan pada area dahi, pipi, serta diantara mata.

Berikut ini bebarapa upaya atau tips dalam mencegah penyakit sinusitis sebelum menyerang anda maupun untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan.

Cara Mencegah Penyakit Sinusitis

  1. Mandi air hangat sedikit lebih lama, karena uap hangat yang terembus dari air mandi ini akan mencairkan dahak yang kental dan sulit dikeluarkan. Mandi sauna juga sangat baik bagi penderita penyakit sinusitis.
  2. Perbanyak minum air putih sehingga dapat mengengencerkan dahak. Jika dahal lebih encer, semakin kecil kemungkinan terjadinya sumbatan.
  3. Berhenti merokok bagi perokok aktif, karena rokok berefek mengeringkan selaput lendir lunak di dalam saluran lendir.
  4. Gunakan pelaga sumbatan oral atau semprotan pelega sumbatan hidung hanya untuk jangka pendek.
  5. Keluarkan lendir hidung secara perlahan, tutup 1 lubang hidung pada saat mengeluarkan lendir dari lubang hdiung yang lain.
  6. Penderita sinusitis perlu lebih cermat merawat kesehatan gigi dan gusi, karena ada kalanya kuman-kuman yang terdaat pada gigi dan gusi menyebrang ke area sinus.
  7. Hindari perjalanan udara dan olahraga angkasa atau laut seperti terjun payung, menyelam, ski, berenang, dan selancar. Hal ini bertujuan agar tidak timbul perubahan tekanan di dalam kepala yang menyebabkan ingus sulit dikeluarkan.
  8. Hendaknya selalu mencuci tangan, walaupun jarak antara tangan dan sinus relatif jauh. Sering terjadi, penyakit sinusitis berlangsung setelah seseorang menderita pilek atau alergi yang tidak sembuh-sembuh. Virus dari pilek ini sering terbawa tangan yang kotor.
  9. Jika anda mempunyai alergi, cobalah untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan timbulnya alergi tersebut.
Inilah Gejala Dan Mencegah Penyakit Sinusitis. Semoga bermanfaat bagi anda semuanya. Baca juga artikel lainya tentang Penyakit Rematik.