Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Anda

Mari kita sekarang membahas apa itu buah kesemek yang bisa di gunakan untuk kesehatan tubuh kita. Tidak diragukan lagi bahwa buah memang makanan yang menyehatkan. Kandungan mineral dan nutrisi di dalamnya mampu membuat tubuh Anda bugar dan sehat.Tak hanya itu saja, bermacamnya jenis buah juga mampu mengobati kebosanan Anda akan makanan tertentu. Salah satu jenis buah eksotis yang patut untuk Anda coba saat ini adalah buah kesemek.


Buah Kesemek


Beberapa manfaat buah kesemek bagi kesehatan anda :

Menurunkan tekanan darah tinggi.
manfaat buah kesemek yang pertama yaitu dapat berguna untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam buah kesemek ini terdapat kandungan kalium yang berfungsi sebagai vasodilator dan mampu menurunkan tekanan darah sehingga akan meningkatkan fungsi kognitif, metabolism, otot, peningkatan energy, pertumbuhan sel dan juga penyembuhan luka.

Mencegah kanker.
Dikemas dengan zat antioksidan serta fitonutrien, kesemek dapat mencegah kanker sebab mampu melawan radikal bebas.

Mencegah penuaan dini.
untuk menjaga kecantikan kulit anda, buah kesemek juga dapat membantu anda mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin yang terdapat pada kesemek ini seperti Vitamin A, beta karoten, lutein, likopen, dan cryptoxanthins. Semua kandungan vitamin tersebut dapat juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Menurunkan berat badan.
Mengonsumsi kesemek bermanfaat untuk menurunkan berat badan sebab kaya akan serat. Sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan memuaskan rasa lapar Anda. Makan buah kesemek juga mampu mengurangi keinginan Anda untuk makan makanan manis.

Menurunkan tekanan darah.
Kesemek mengandung sejumlah besar kalium, mineral yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Makan kesemek mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit umum seperti flu, batuk, dan infeksi tubuh.

Menjaga kesehatan mata.
didalam buah kesemek ini juga terdapat beberapa senyawa yang mampu membantu menjaga kesehatan mata. Kandungan senyawa yang terdapat pada buah kesemek ini yaitu Zeaxanthin yang berhubungan langsung dengan peningkatan kesehatan mata karena zat ini juga bersifat sebagai zat atioksidan. ZeaXanthin ini dapat mengurangi penyakit mata seperti katarak, rabun senja dan degenerasi makula.

Meningkatkan sistem metabolisme.
Kesemek kaya akan vitamin B yang mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini bermanfaat untuk meningkatkan energi serta efisiensi keseluruhan akan fungsi tubuh.

Melancarkan pencernaan.
bila anda mengalami masalah pada pencernaan, buah kesemek ini dapat juga membantu melancarkan pencernaan dengan baik. Sebab buah kesemek mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan yang lebih efisien.

Mencegah Penyakit Jantung.
Mengkonsumsi satu buah kesemek setiap hari dapat membantu mencegah Anda terkena penyakit jantung. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam buah kesemek mampu menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga tidak terjadi penyumbatan.

Menurunkan Kadar Kolesterol.
Buah kesemek mengandung polifenol yang dapat berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Manfaat buah kesemek yang lain adalah dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain:

Diare dan disentri.
Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah tercampur rata, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari.

Asma dan batuk berdahak.
Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.

Hipertensi.
Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.

Sakit perut.
Kupaslah satu buah kesemek segar, lalu makan. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.

Inilah Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Anda. Semoga bermanfaat bagianda semua. Baca juga artikel lainnya tentang manfaat Buat Bengkoang.