Beberapa Manfaat Buah Bengkoang Dan Kandungan Zatnya

Sekarang kita membahas beberpa manfaat Buah Bengkoang bagi kesehatan tubuh dan kandungan zat yang terdapat didalamnya. Buah Bengkoang sejak dahulu sudah terbukti mampu di gunakan dan sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan dan kecantikan wajah, sebab di dalam bengkoang itu sendiri terdapat kandungan vitamin E yang cukup tinggi dan sangat baik untuk kesehatan kulit.


Buah Bengkoang

Kandungan Zat yang terkandung didalamnya :

.Thiamin 0.020 mg 2%
.Vitamin A 21 IU 1%
.Vitamin C 20.2 mg 34%
.Vitamin E 0,46 mg 3%
.Vitamin K 0,3 mg 
.Besi 0.60 mg 7%
.Magnesium 12 mg 3%
.Mangan 0.60 mg 3%
.Seng 0,16 mg 1%
.Phyto-nutrisi
.Kalium 150 mg 3%
.Kalsium 12 mg 1%
.Tembaga 0,048 mg 5%
.Energi 38 Kcal 2%
.Karbohidrat 8.82 g 7%
.Protein 0,72 g 1%

.Total Lemak 0.19 g 
.Kolesterol 0 mg 0%
.Diet Serat 4,9 g 13%
.Folat 12 mg 3%
.Niacin 0.200 mg 1,5%
.Asam pantotenat 0,135 mg 3%
.Pyridoxine 0,042 mg 3%
.Riboflavin 0,029 mg 2%
.Karoten-ß 13 ug –
.Karoten-α 0,011 mg 1%

Beberapa Manfaat Buah Bengkoang : 


Dapat mengobati sariawan dan sebagai antioksidan
Bengkoang juga mengandung cukup banyak vitamin sehingga sangat baik bagi kesehatan tubuh anda, dan sebagai antioksidan maupun untuk obat untuk sariawan. Selain itu, bengkoang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

Mengurangi efek manopause
Bagi wanita yang mengalami menopause biasanya akan mengalami kerutan, keriput dan penuaan kulit. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut maka tubuh membutuhkan fitoestrogen, dan bengkoang mengandung fitoestrogen. Mengkonsumsi fitoestrogen yang cukup dapat membuat kulit anda tetap sehat dan segar.

Menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah
Selain dikonsumsi bengkoang juga dapat digunakan sebagai masker wajah. Kandungan air yang banyak di dalamnya mampu membuat kulit wajah anda tetap segar serta menghilangkan noda hitam atau flek pada wajah anda. Caranya pun cukup mudah, anda tinggal mengupas bengkoang lalu diparut atau dihaluskan kemudian dibalurkan ke wajah anda

Menurunkan demam
Bengkuang memilki sifat kimiawi yang berkhasiat mendinginkan dan dapat dimanfaatkan untuk menurunkan demam. Bengkong dapat dijadikan jus yang diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore hari.

Manfaat bengkoang untuk mencegah serangan virus dan bakteri
Kandungan phytonutrien dalam bengkoang bisa membantu mencegah serangan virus dan bakteri serta beberapa mikroorganisme yang berbahaya bagi tubuh

Menjaga Kesehatan Kulit
Tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan organ dalam, bengkoang juga sangat baik untuk menjaga kesehatan bagian tubuh terluar yaitu kulit. Buah bengkoang yang masih segar biasanya akan diparut untuk kemudian dijadikan sebagai masker kulit. Masker dari bengkoang ini memiliki efek mendinginkan kulit serta sangat efektif untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebihan yang menempel pada permukaan kulit. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi akan menghindarkan kulit anda dari penuaan dini.

Buah Untuk Diet
Karbohidrat yang terkandung dalam buah bengkoang terdiri dari sebagian besar serat dan gula dalam jumlah kecil sehingga sangat baik jika dijadikan sebagai camilan saat diet. Kandungan serat yang tinggi akan membuat anda kenyang lebih lama tanpa membuat berat badan anda bertambah.

Megatasi Maag
Sakit maag yang disebabkan oleh produksi asam berlebihan pada lambung dapat dicegah dan diobati dengan mengkonsumsi bengkoang. Buah ini mengandung serat dalam kadar tinggi serta air bersifat alkali yang berguna untuk menyerap asam lambung penyebab sakit maag.

Mengobati wasir
Kandungan serat dalam bengkoang sangat baik bagi penderita wasir. Minum jus bengkoang setiap pagi setelah bangun tidur sangat baik bagi Anda yang menderita wasir, agar BAB menjadi lancar dan tidak sulit.

Menyehatkan tulang dan gigi
Bengkoang juga mengandung fosfor dan kalsium yang sangat baik utnuk pertumbuhan tulang dan gigi. Kebutuhan akan kalsium dan fosfor dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi bengkoang. Akibat kekurangan fosfor maka anda akan menjadi lemah serta nafsu makan menjadi berkurang

Mengobati beri-beri
Beri-beri merupakan penyakit yang disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B1. Bengkoang mengandung vitamin B1 yang cukup banyak.

Mengatasi masalah asam lambung
Sifat alkali pada bengkoang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat. Asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan mag, sehingga ada baiknya bila anda mengkonsumsi bengkoang. Dan lebih baik lagi jika anda makan bengkoang tanpa campuran, misalnya dengan garam atau sambal

Memperlancar pencernaan
Inulin dalam bengkoang memilki sifat sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh terhadap fungsi usus dan juga perbaikan parameter dalam darah. Sebagai serat makanan, inulin dapat meningkatkan massa feses serta meningkatkan frekuensi defekasi terutama bagi penderita konstipasi. Adapun perbaikan parameter lemak dalam darah yaitu penurunan kadar triliserida serum dan juga kolesterol darah pada penderita hypercholerolemia

Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes atau kencing manis
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa bengkoang memilki rasa manis yang berasal dari inulin. Inulin tidak bisa dicerna oleh enzim dalam usus manusia sehingga dapat menjaga kadar gula dalam tubuh meskipun rasanya manis. Karena sifat yang tidak tercerna tersebut inulin baik dikonsumsi penderita diabetes. Namin biasanya bengkoang bagi penderita diabetes diambil sarinya saja.

Inilah Beberapa Manfaat Buah Bengkoang Dan Zatnya. Semoga Bermanfaat bagi anda semuanya. Baca juga artikel lainnya tentang manfaat Buah Kelengkeng.